Jumat, 31 Mei 2013

Mengenai Penanganan Kesalahan dan Help Dokumentasi


Pendahuluan

Pada Kesempatan Kali ini saya akan membahas tentang Penanganan Kesalahan dan Help Dokumentasi. Yang dimana didalamnya terdapat Jenis-jenis kesalahan, Mengenai Petunjuk Pencegahan Kesalahan, Mengenai Petunjuk Memperbaiki Kesalahan, Jenis Dokumen dan Alat Bantu.


9. Penanganan Kesalahan dan Help Dokumentasi
A. Jenis-jenis kesalahan
B. Mengenai Petunjuk Pencegahan Kesalahan
C. Mengenai Petunjuk Memperbaiki Kesalahan
D. Jenis Dokumen dan Alat Bantu

A.    Jenis-jenis Kesalahan (Errors):
Jenis Kesalahan :
• Kesalahan Persepsi
• Kesalahan Kognitif
• Kesalahan Motor (Gerak)

Tipe-tipe Slip:
• Kesalahan Capture
• Kesalahan Deskripsi
• Kesalahan Data Driven
• Pengaktifan Asosiatif
• Hilangnya Pengaktifan
• Kesalahan Mode

B.     Panduan Pencegahan Kesalahan

- Menghapus mode-mode atau menyediakan petunjuk yang terlihat untuk mode-mode tersebut.
- Gunakan teknik koding yang baik (warna, gaya).
- Memaksimalkan pengenalan, mengurangi hafalan.
- Merancang urutan gerak atau perintah yang tidak sama.
- Mengurangi kebutuhan untuk mengetik.
- Uji dan memantau kesalahan-kesalahan dan memperbaikinya.
- Memungkinkan pertimbangan ulang aksi-aksi yang dilakukan oleh user, misalnya memindahkan file dari recycle bin.

C.    Panduan Recovery Kesalahan

- Menyediakan tipe-tipe tanggapan yang sesuai.
- Query: bertanya pada user apa yang sudah dilakukan, kemudian melegalkan tindakan yang salah.
- Menyediakan fungsi “undo” dan pembatalan dari proses yang sedang berjalan.
- Meminta konfirmasi untuk perintah yang drastis dan bersifat merusak.
- Menyediakan pengecekan yang beralasan pada masukan data.
- Mengembalikan kursor ke area kesalahan, memungkinkan untuk melakukan perbaikan.
- Menyediakan beberapa kecerdasan buatan.
- Menyediakan akses cepat kepada bantuan untuk konteks-sensitif.
- Mengurangi kebutuhan untuk mengetik.
- Uji dan memantau kesalahan-kesalahan dan memperbaikinya.
- Memungkinkan pertimbangan ulang aksi-aksi yang dilakukan oleh user, misalnya memindahkan file dari recycle bin.

D.    Jenis Dokumen dan Alat Bantu

- Tidak pernah suatu penggantian untuk desain tidak baik, tetapi penting.
- Sistem sederhana _ user memanggil dan menggunakannya, berikan nama.
- Hampir sebagian sistem dengan banyak fitur membutuhkan help/bantuan.

Jenis-jenis Bantuan:
- Tutorial
- Review/Referensi yang cepat
- Manual Referensi (Penjelasan lengkap)
- Bantuan untuk context-sensitive (spesifikasi tugas)
Ada sebagian pendapat menyatakan bahwa sistem yang interaktif dijalankan tanpa membutuhkan bantuan atau training. Hal ini mungkin ideal, akan tetapi jauh dari kenyataan. Pendekatan yang lebih membantu adalah dengan mengasumsikan bahwa user akan membutuhkan bantuan pada suatu waktu dan merancang bantuan (help) ke dalam sistem.

Empat Jenis Bantuan Yang Dibutuhkan User:
Quick Reference
Digunakan sebagai pengingat untuk user dari suatu yang detail yang secara dasar sangat familiar dan biasa digunakan.
Task-Spesifik Help
Digunakan untuk membantu user menghadapi masalah atau tidak pasti mengambil tindakan dalam memecahkan masalah yang khusus.
Full Explanation
Suatu alat bantu atau perintah yang dapat membantu memahami secara lengkap.
Tutorial
Khusus untuk user baru yang menyediakan perintah secara step by step.


Sumber:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar