Pendahuluan
Pada Kesempatan Kali ini saya akan membahas tentang Penanganan
Kesalahan dan Help Dokumentasi. Yang dimana
didalamnya terdapat Jenis-jenis kesalahan, Mengenai Petunjuk Pencegahan
Kesalahan, Mengenai Petunjuk Memperbaiki Kesalahan, Jenis Dokumen dan Alat
Bantu.
9.
Penanganan Kesalahan dan Help Dokumentasi
A. Jenis-jenis kesalahan
B. Mengenai Petunjuk Pencegahan Kesalahan
C. Mengenai Petunjuk Memperbaiki Kesalahan
D. Jenis Dokumen dan Alat Bantu
A.
Jenis-jenis Kesalahan (Errors):
Jenis
Kesalahan :
• Kesalahan
Persepsi
• Kesalahan
Kognitif
• Kesalahan
Motor (Gerak)
Tipe-tipe Slip:
• Kesalahan Capture
• Kesalahan
Deskripsi
• Kesalahan Data
Driven
• Pengaktifan
Asosiatif
• Hilangnya
Pengaktifan
• Kesalahan Mode
B.
Panduan Pencegahan Kesalahan
- Menghapus
mode-mode atau menyediakan petunjuk yang terlihat untuk mode-mode tersebut.
- Gunakan teknik
koding yang baik (warna, gaya).
- Memaksimalkan
pengenalan, mengurangi hafalan.
-
Merancang urutan gerak atau perintah yang tidak sama.
-
Mengurangi kebutuhan untuk mengetik.
- Uji dan
memantau kesalahan-kesalahan dan memperbaikinya.
- Memungkinkan
pertimbangan ulang aksi-aksi yang dilakukan oleh user, misalnya memindahkan
file dari recycle bin.
C.
Panduan Recovery Kesalahan
- Menyediakan
tipe-tipe tanggapan yang sesuai.
- Query:
bertanya pada user apa yang sudah dilakukan, kemudian melegalkan tindakan yang salah.
- Menyediakan
fungsi “undo” dan pembatalan dari proses yang sedang berjalan.
- Meminta
konfirmasi untuk perintah yang drastis dan bersifat merusak.
- Menyediakan
pengecekan yang beralasan pada masukan data.
- Mengembalikan
kursor ke area kesalahan, memungkinkan untuk melakukan perbaikan.
- Menyediakan
beberapa kecerdasan buatan.
-
Menyediakan akses cepat kepada bantuan untuk konteks-sensitif.
-
Mengurangi kebutuhan untuk mengetik.
- Uji dan memantau
kesalahan-kesalahan dan memperbaikinya.
- Memungkinkan pertimbangan ulang
aksi-aksi yang dilakukan oleh user, misalnya memindahkan file dari recycle
bin.
D.
Jenis Dokumen
dan Alat Bantu
- Tidak pernah
suatu penggantian untuk desain tidak baik, tetapi penting.
- Sistem
sederhana _ user memanggil dan menggunakannya, berikan nama.
- Hampir
sebagian sistem dengan banyak fitur membutuhkan help/bantuan.
Jenis-jenis
Bantuan:
- Tutorial
-
Review/Referensi yang cepat
- Manual
Referensi (Penjelasan lengkap)
- Bantuan untuk
context-sensitive (spesifikasi tugas)
Ada sebagian
pendapat menyatakan bahwa sistem yang interaktif dijalankan tanpa membutuhkan
bantuan atau training. Hal ini mungkin ideal, akan tetapi jauh dari kenyataan.
Pendekatan yang lebih membantu adalah dengan mengasumsikan bahwa user akan membutuhkan
bantuan pada suatu waktu dan merancang bantuan (help) ke dalam sistem.
Empat Jenis
Bantuan Yang Dibutuhkan User:
• Quick
Reference
Digunakan
sebagai pengingat untuk user dari suatu yang detail yang secara dasar sangat
familiar dan biasa digunakan.
• Task-Spesifik
Help
Digunakan untuk
membantu user menghadapi masalah atau tidak pasti mengambil tindakan dalam
memecahkan masalah yang khusus.
• Full
Explanation
Suatu alat bantu
atau perintah yang dapat membantu memahami secara lengkap.
• Tutorial
Khusus untuk
user baru yang menyediakan perintah secara step by step.
Sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar